Jumat, 24 Mei 2013

Mengolah Plastik Menjadi Sumber Energi

Posted by yusuf habibie On 21.23 | No comments
Mengolah Limbah Plastik Menjadi Sumber Energi




Plastik adalah bahan sintetis yang digunakan diseluruh dunia dengan penggunaan yang sangat besar. Plastik memiliki sifat ringan, tahan listrik dan praktis sehingga penggunaannya menjadi sangat bervariasi. Meskipun memiliki manfaat yang sangat besar bagi manusia namun di sisi lain penggunaan plastik menimbulkan limbah yang sangat sulit diuraikan oleh alam. Dibutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun agar plastik dapat diuraikan dengan sempurna secara alami.
Jika limbah plastik tidak ditangani dengan tepat, tidak menutup kemungkinan nantinya seluruh permukaan bumi akan sesak oleh tumpukan sampah plastik. Oleh karena itu diperlukan langkah cerdas untuk mengatasinya. Plastik mengandung senyawa hidrokarbon yang tinggi yang merupakan unsur utama pembentuk minyak bumi.
Pengolahan limbah plastik dapat dilakukan dengan cara memanaskannya di dalam semacam tabung sampai plastik menguap, kemudian uap dialirkan melewati pipa untuk mendinginkannya  sampai mengembun hingga akhirnya uap berubah menjadi cairan minyak. Minyak yang dihasilkan dapat digunakan langsung untuk keperluan bahan penghasil energi atau diolah lebih lanjut untuk menambah kualitas minyak yang dihasilkan.
Dalam mengolah plastik menjadi minyak tidak diperlukan perlakuan pre-sortir dan tidak pula diharuskan plastik dalam keadaan bersih. Setiap satuan berat plastik dapat mengahasilkan: 70% minyak, 16% gas, 6% karbon solid, 8% air. Minyak yang dihasilkan dapat digunakan untuk menjalankan mesin diesel, sebagai bahan bakar untuk menhidupkan mesin pompa pengairan, boiler, bahan bakar transport publik, input minyak mentah untuk kilang minyak serta untuk penggunaan lainnya. Setiap plastik dengan bahan berbeda akan menghasilkan kualitas minyak yang berbeda pula, semakin baik kualitas plastik yang digunakan, maka akan semakin baik pula kualitas minyak yang dihasilkan. Gas yang dihasilkan juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi misalnya LPG.
Jika setiap TPA pada setiap kota, setiap kecamatan, setiap kelurahan, setiap RW dan RT serta setiap rumah mampu mengolah limbah plastik menjadi sumber energi, maka kita dapat menyelamatkan bumi dari tumpukan sampah plastik. Kita juga bisa mendapatkan keuntungan darinya yaitu memperoleh sumber energi yang murah.

0 komentar:

Poskan Komentar

Blogroll